Menginstal sebuah software, apalagi di komputer dengan OS Windows adalah seperti mengeja ABC bagi anak SD. Kita hanya perlu mengunduh file installernya (file exe atau msi), double klik file tersebut, klik Next..Next..dan Next lagi, dan akhirnya ketemu tombol Finish. Demikian halnya apabila anda ingin menginstal QGIS di komputer anda, langkah tersebut bisa dijalankan. Akan tetapi, QGIS bukanlah software yang bisa dibilang sederhana karena banyak plugin dan processing toolboxes yang berasal dari software open source lain. Oleh karena itu, saya sangat menganjurkan untuk menginstal QGIS dengan cara yang lebih 'advance' agar semua fitur yang ada di software ini dapat kita nikmati.


Cara menginstal QGIS untuk advance users tersebut adalah dengan menggunakan OSGeo4W Network Installer yang terdapat dibagian paling atas pada halaman QGIS  Download for Windows pada LINK ini. Terdapat dua versi yaitu 32 bit dan 64 bit dan kita harus memilih sesuai dengan spesifikasi komputer kita. Apabila komputer kita masih 32 bit, tapi kita download yang 64 bit, maka proses instalasi akan gagal.
Link download OSGeo4W network Installer
Setelah file installer kita download, maka kita siap untuk menginstal QGIS beserta beberapa software lain seperti GRASS GIS, SAGA GIS dan Orfeo Toolbox. Klik dua kali file exe yang kita download, maka akan terbuka jendela OSGeo4W Setup. Berikut adalah ringkasan cara install QGIS dengan OSGeo4W:

  1. Memilih cara instalasi tingkat lanjut (Advance install)
  2. Menentukan lokasi folder penyimpanan file instalasi (penting apabila ingin install QGIS di komputer lain tanpa terhubung ke internet)
  3. Memilih alamat repository file instalasi
  4. Memilih paket-paket OSGeo yang ingin kita install (QGIS Desktop, GRASS GIS dan SAGA)
  5. Download dan install paket-paket yang kita pilih
Dan berikut adalah detail langkah instalasi lengkap dengan gambar dari tangkapan layar:



1. Pilihlah Advance Install sehingga kita bisa mengatur instalasi sesuai kebutuhan kita. Setelah itu tekan tombol Next di kanan bawah untuk menuju jendela berikutnya.



2. Pilihlah Install from Internet karena kita belum mendownload seluruh installer yang dibutuhkan. Apabila kita akan menginstall QGIS pada beberapa komputer, maka file-file installer yang didownload pada langkah ini bisa kita simpan pada direktori yang mudah diakses (lihat langkah No 4). Direktori tersebut bisa kita salin ke komputer lain dan pada instalasi berikutnya kita pilih Install from Local Directory. Tekan tombol Next untuk masuk ke langkah selanjutnya.


3. Pada langkah ini kita ikuti setting defaultnya saja, yaitu OSGeo4W diinstal langsung di direktori C:/ dan seluruh pengguna di komputer kita dapat menggunakan software ini.


4. Disinilah kita bisa mengatur di mana file-file installers dari QGIS dan software-software open source lainnya sehingga bisa kita gunakan untuk menginstal di komputer lain tanpa tersambung internet (lihat langkah no 2). Sebaiknya di simpan di direktori D:/ dengan nama direktori yang spesifik.


5. Apabila anda menggunakan internet dengan sambungan langsung maka pilihlah pilihan pertama. Namun kadang-kadang kita menginstal di sebuah kantor yang menerapkan Server Proxy pada jaringannya. Apabila hal itu kita temui, maka kita harus memilih  Use HTTP/FTP Proxy dan mengatur alamat server proxy beserta portnya yang sesuai.


6. Pilihlah link http://download.osgeo.org untuk mengunduh file-file installer, kemudian tekan tombol Next.



7. Pada langkah ini kita diminta untuk memilih paket-paket OSGeo yang kita inginkan. Pada kolom Category, kembangkan (klik) pilihan Desktop dan akan terlihat daftar software-software geospasial yang bersumber terbuka. Pilihlah GRASS GIS, QGIS Desktop dan SAGA.

 8.  Kita akan diminta untuk menyetujui beberapa agreement dengan beberapa non-open source dependencies. Centang bagian I agreed.... dibagian kiri bawah.



9. Proses download dan instalasi ketiga software tersebut beserta dependency-nya mulai berjalan.